DAILY

Mobilitas Padat! Wajib Sehat!

Sudah beberapa hari ini saya sangat kekurangan istirahat, biasanya jika ada waktu menemani anak rehat siang maka saya ikutan tertidur juga. Namun hampir beberapa pekan saya tidak melakukannya. Adaptasi badan untuk ritme dan mobilitas yang tinggi mulai terasa.

Suami selalu mengingatkan untuk olahraga dan makan makanan sehat. Pagi tadi akhirnya saya senam setelah beberapa hari nggak jogging. Argh! besok kalaupun nggak bisa lari wajiblah joging atu yoga.

Pagi tadi saya bangun padahal semalam baru tidur menjelang pukul 00 karena anak asik bermain. Supaya badan menjadi lebih bertenaga di pagi hari tadi maka beres senam saya sarapan buah.

Sejak bulan lalu saya sering keluar mengisi konMari di berbagai acara mulai workshop hingga kajian muslimah. Saya memang berharap metode ini mampu membantu setiap orang. Suami juga tidak kalah sibuk. Jadwal kami hampir penuh hingga pertengahan tahun ini.

Syahid sepertinya sudah mulai mengenal aktifitas umi dan abinya yang padat. Beberapa kali Syahid diajak ke acara yang mengundang kami. Syahid kooperatif dan pembelajar. Argh..jadi semakin sayang dan semangat belajar mendidik Syahid.

Agenda tadi selain mempersiapkan semua hal di kelas shokyuu (level 1 di kelas intensif) juga persiapan untuk beberapa project, mengurus orderan bisnis online hafizdoll saya, membuat tugas untuk tim, saya juga sempat mengerjakan beberapa tugas dan liqo hingga menjelang maghrib.

Saat saya sampai rumah, ternyata suami sudah tiba duluan. Ada agenda mengajak keluar rumah, saya angkat tangan. Gak kuat kalau ke luar malam ini sebab harus prepare paud besok (menjadi PJ) dan ada beberapa yang harus saya rapikan di bisnis alqolam saya.

Ketika liqo menjadi lebih semangat lagi setelah “dicharge” motivasi oleh murobi. Tidak ada kata santai  , tapi tetap produktif dan enjoy. Spark joy – kata saya 😂

Alhamdulillaah untuk hari ini. Saya mu berbagi supaya badan tetap fit sepadat apapun aktifitas kita.

Tips ini semoga cocok dan semoga bermanfaat ya.

Pertama, minum air putih sebanyak mungkin supaya tetap terhidrasi. Aktifitas padat membuat pikiran bekerja jauh lebih cepat, lebih banyak energi yang dibutuhkan. Otak kita membutuhkan cairan untuk setiap impulsnya. So, jangan lupa minum air putih ya. Kalau saya biasanya sebelum tidur, ketika terbangun di malam hari dan saat bangun tidur selalu rutin minum air putih. Terutama di pagi hari luar biasa manfaatnya,  kalau di siang hari juga tetap minum tapi dalam batas normal.

Kedua, makan di kala lapar tapi jangan sampai kekenyangan. Makan makanan yang sehat ya. Kalau saya sebelum makan ‘berat’ biasanya setengah jam atau sebelum menyendok nasi saya biasakan makan buah terlebih dahulu.

Ketiga, Tetap olahraga bagaimanapun kondisinya. Jik dalam satu hari nggak olahraga biasanya terasa banget lemesnya dan betenya. Nggak harus lari  tapi usahakan bisa joging ya hehe. Kalau saya nih misal nggak joging yaaaa senam. Minimal keluar keringat dan badan terasa nyaman. atau coba yoga.

Keempat, ruhiyah terjaga. Artinya kekuatan ruh -saya sebut dia mindfullness saya- sangat berpengaruh dan korelasinya ada pada aktifitas kita hari itu. Saya pribadi jika nggak 1juz/hari atau ibadah sunnah lain karena berhalangan maka saya akan mencari cara untuk tetap menyegarkan ruhiyah ini.

Kelima, Be happy. Ini kunci. Makanya saya suka curi curi waktu untuk me time saya. Biasanya saya nulis blog, baca buku atau menulis di komputer/hp. Seperti saat ini. Secape apapun saya tetap ingib menulis disini.

🤗

Bogor, 7/2/2017

#metime

Tinggalkan Balasan