DAILY

Molto Korean Strawberry Punya Power Tujuh Kali Lebih Baik

Halo semua. Jumpa lagi dengan post blog review. Kali ini, sesuai judul, aku ingin menceritakan varian produk Molto terbaru yang beraroma strawberry. Namun, sebelum itu, aku akan memaparkan kenapa perlu pewangi atau pelembut pakaian sesaat sebelum menjemur pakaian kita.

Fungsi dan Manfaat Pelembut Pakaian

Pelembut atau dalam bahasa inggrisnya ‘softener’ merupakan campuran bahan yang memiliki fungsi untuk melembutkan pakaian sehingga serat kain terjaga. Dari sanalah softener ini diperlukan, sebab mampu membuat pakaian menjadi lebih awet karena serat kainnya menjadi tidak kaku. Tidak hanya itu, pelembut pakaian juga bisa menjadi pewangi pakaian. Biasanya, setelah pakaian diangkat dari jemuran, pakaian yang sudah dibubuhi softener menjadi lebih mudah diseterika dan membuat pakaian tampak baru.

Nah, kali ini, Molto mengeluarkan produk barunya yang wanginya bikin jatuh cinta. Korean Strwaberry. Di Negara Korea Selatan, industri perkebunan strawberry melesat cepat. Aku kutip dari berita Korea [dot] net, bahwa potensi strawberry terbesar mereka disebabkan orang-orang tidak pernah bosan dengan selera terhadap strawberry.

Sekilas Cerita Kesuksesan Pengembangan Perkebunan Strawberry Korea Selatan

Pada tahun 2005, strawberry Jepang memiliki kontribusi 90% buah di Korea. Untuk mengatasi hal tersebut, Institusi Teknologi Pertanian Korea di masing-masing daerah termasuk badan penelitiannya berupaya mengembangkan varietas unggul dan menyelesaikan distribusinya.

Kemudian muncul jenis stroberi domestik Seolhyang yang memprakarsai distribusi varietas nasional. Kemudian muncul varietas lain seperti Maehyang yang berorientasi ekspor dan Santa yang ramah pelestarian. Pada 4 Februari 2021, Layanan Benih dan Varietas Korea memiliki 49 varietas yang dikembangkan di dalam negeri yang sudah terdaftar dan dilindungi, termasuk Arihyang yang besar dan kokoh, King’s Berry dengan aroma persik yang lembut dan Geumsil, dengan rasa yang sangat manis dan istimewa.

Stroberi yang dipanen dikirim ke pusat pemrosesan produk pertanian di kawasan itu dan diolah dengan karbon dioksida dan klorin dioksida. CO2 membuat stroberi lebih kuat dan mencegahnya menjadi lunak atau lembek, dan klorin dioksida menghilangkan spora jamur di udara dan stroberi, sehingga meningkatkan pengawetan.

Stroberi Korea paling dikenal karena rasanya yang murni. Korea dengan demikian meningkat sebagai produsen strawberry terbaik sejak membudidayakan buah yang kuat ini oleh petani dan mendapat dukungan aktif pemerintah untuk pengembangan varietas dan distribusi lokalnya. Menarik, bukan? Tidak hanya dimanfaatkan untuk sumber pangan. Lebih dari itu, diekstrak menjadi produk pelembut pakaian Molto Korean Strawberry.

Mengapa aku merekomendasikan pewangi pakaian ini? Ya, karena aku sudah mencobanya dan tentu saja, ada banyak keunggulan lainnya.

Keunggulan Molto Korean Strawberry

Molto Korean Strawberry memiliki kemampuan 7 kali lebih wangi dan 7 kali anti bau diiringi aroma segar strawberry. Dibandingkan varian Molto yang lain, aku sudah mencobanya, aromanya memang benar-benar fresh khas buah strawberry, beneran lebih nyamannya dan berasa romantis Koreanya. Konon, buah strawberry ini menjadi ikon Korea Selatan dan menjadi buah favorit yang kaya manfaat. Kalau pakai produk ini, berasa jadi eonni-eonni Korsel.

Molto Korean Strawberry selain harumnya luar biasa menenangkan, menyegarkan, juga memiliki kemampuan melembutkan pakaian serta mampu menghilangkan 7 bau membandel.

Apa saja ketujuh bau membandel itu? yaitu meliputi :

  1. bau keringat,
  2. bau apek,
  3. bau asap,
  4. bau polusi,
  5. bau amis,
  6. bau badan,
  7. dan bau bawang.

Cara Menggunakan Molto dengan Tepat

Sesuai petunjuk penggunaan, yang mungkin jarang dibaca oleh orang kebanyakan. Berikut ini cara optimal menggunakannya.

Dengan Tangan

Jika mencuci dengan tangan, setengah cup tutup botol (saranku, beli kemasan botolnya dulu supaya memudahkan untuk isi ulangya), setara dengan 20 potong pakaian.

Tuangkan 1/2 tutup botol Molto Perfume Boost Korean Strawberry kedalam 10 liter air pada bilasan terakhir, aduk sampai rata. Kemudian rendam cucian selama beberapa menit. Untuk hasi lterbaik, rendam selama 10-15 menit. Kemudian, peraslah cucian tanpa dibilas lagi.

Dengan Mesin Cuci

Takarannya, 1 tutup botol untuk 2kg pakaian.

Caranya :

  1. Tuangkan 1/2-1 tutup botol Molto Perfume Boost Korean Strawberry ini kedalam laci takar mesin cuci atau langsung pada air bilasan terakhir.
  2. Peras cucian tanpa dibilas lagi.

Tips Lain

Untuk hasil maksimal pada celana jeans, selimut, dan handuk (pokoknya yang tebal-tebal), tambahkan lagi 1 tutup botol Molto Perfume Boost Korean Strawberry pada bilasan terakhir.

Perhatian !

  • Tidak boleh dicampur dengan detergen atau pemutih.
  • Bila terkena mata, bilas dengan air sampai terasa tidak pedih.
  • Bila terminum (duh, jangan sampai ya. Makanya, simpan di tempat yang benar. Hehehe, karena ini emang berasa melihat sirup segerr), segera pergi ke dokter, tapi minum air putih yang banyak-banyak sebelumnya.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Gunakan produk, paling maksimal 15 bulan setelah tanggal produksi. So, cek tanggal produksinya ya, teman-teman.

Berapa harganya?

Dengan harga yang super terjangkau, yaitu kemasan pouch 680ml seharga 16,900 rupiah bahkan bisa diskon, kita bisa merasakan aroma mewah segarnya strawberry. Jika tidak mampu membeli kemasan pouch, eceran pun ada. Ukuran 9ml seharga 500 (lima ratus) rupiah, jika membeli 12 pieces, gratis satu pieces. Kurang hemat apalagi coba?

Dimana Cara Mendapatkannya?

Selain di gerai pertokoan, swalayan, toko kelontong, tersedia juga di seluruh marketplace. Kalau aku, cari pelembut pakaian Korea biasanya menggunakan Tokopedia.

Jadi, jika kalian ingin mencari pelembut pakaian (buat bayi/anak/keluarga) sekaligus pewangi pakaian terbaik, segera coba Molto Korean Strawberry ini ya. Dijamin suka.

Apakah Ramah Lingkungan?

Apakah ramah lingkungan softener ini?

Dalam label kemasan, tertera Isothiazolinones. Setelah aku cek, ini sejenis pengawet yang cukup menjadi toksik di perairan. Hanya saja, kandungan dalam molto ini sangat rendah, itulah sebabnya kualitas produk ini tidak sepanjang produk lain yang punya komposisi Isothiazolinones kadar tinggi. Pada kemasan molto Korean Strawberry Isothiazolinones direkomendasikan hanya bisa digunakan paling lambat setidaknya 15 bulan setelah tanggal produksi. Jadi, tidak se’tajam’ produk lain yang mampu awet bertahun-tahun (namun merusak lingkungan). Jadi, insyaaAllah aman ya. Apalagi ini produk terbaru setelah adanya perubahan formulasi surfaktan dalam internal Unilever. So, cukup aman untuk lingkungan, dengan catatan : sesuai kadar atau aturan pemakaian serta petunjuk penggunaan.

Selain itu, molto ini memang aman untuk pakaian bayi, anak-anak, dan dewasa. Artinya, dari segi bahan atau formulanya memang AMAN. InsyaaAllah tak lagi cemas ya dalam menggunakannya. Karena pelembut pakaian, sifatnya sebagai tambahan dan perawatan, jadi memang kita perlu memilih bahan yang aman serta ramah lingkungan.

Ekstrak strawberry pada produk terbaru ini aromanya juga bukan aroma kimia yang bikin mual kok ya. Benar-benar produk yang sudah diformulasikan menyesuaikan kebutuhan pelembut pakaian yang digunakan oleh bayi, anak-anak serta orang dewasa.

Dengan memahami dampak lingkungan cukup tinggi, Unilever sudah mulai berbenah. Termasuk produk softener Molto ini.

Unilever mulai mengenalkan label ‘easy green’, ini aku kutip dari berita antara news, produk perawatan rumah tangga harus memenuhi setidaknya sejumlah kriteria. Yaitu biodegradability atau 99 persen dari formulasi produk harus dapat terurai secara alami. Pun formulasi produk perlu dibenahi, setidaknya 50 persen mengandung sumber karbon terbarukan dan reduced greenhouse gases (GHG)nya atau pengurangan gas rumah kaca minimal 10 persen dalam produk dibandingkan sebelumnya.

Pun dengan kemasan botol dan plastiknya, minimal 80 persen bisa direcycle. Sehingga mulai menggunakan kemasan plastik yang fleksibel. Selain itu, unilever juga mulai mengeluarkan produk refill di beberapa titik kota Indonesia. Harapannya, pabrik besar lainnya juga mulai melek isu lingkungan, sebab semakin banyak konsumen yang mulai paham dan beralih kepada produk ramah alam. Semoga Unilever juga bisa selaras dan bersifat demikian.

Bibliography

https://www.korea.net/NewsFocus/Business/view?articleId=194671 (diakses 15 Juni 2022 : 18.00 WIB)

https://www.antaranews.com/berita/2844313/unilever-perkenalkan-label-easy-green-untuk-produk-ramah-lingkungan (diakses 16 Juni 2022 : 05.00 WIB)

Tinggalkan Balasan