DAILY

Morning, Routine

Pagi hari adalah waktu yang luar biasa. Menyadari mata ini masih bisa membuka dan masih bisa menghirup udara pagi maka terdengar kalimat “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” sebagaimana ciri khas surat Arrahman.

Surat Arrahman memberikan kalimat berulang 31x ->> Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban ~meletakkannya di akhir setiap ayat. Seolah menjelaskan karunia Allah yang diberikan untuk manusia sangatlah besar dan manusia kebanyakan sangat jarang menyadarinya bahkan jarang mensyukurinya.

Seperti biasa, setiap bangun tidur saya otomatis langsung mencari botol dan gelas. Kemudian meminum beberapa gelas air putih dan berlanjut wudhu, melaksanakan ibadah sholat subuh.

Kebiasaan meminum air putih di pagi hari sudah saya terapkan sejak jaman SMP. Awalnya agak eneg gitu tapi lama lama justru segar dan menyehatkan.

Tak lupa untuk afirmasi. Jika di pagi hari lupa afirmasi maka biasanya kita akan kewalahan mengatasi 24jam berikutnya. Ataupun saat lupa, bisa juga langsung detik itu juga melakukannya. Tapi emang kurang nampol. heheehe

Jangan lupa untuk membuat list harian. Sebab jika tanpa ‘panduan’ list akan banyak waktu yang terbuang.

Set a goal that makes you want to jump out of bed in the morning

Kalau udah beres ngelist, maka saya akan cek HP. Pagi ini ada beberapa pesan pribadi dan ratusan chat dari beberapa grup. Selesai cek ricek isinya (biasanya gak semua dibalas), lanjut ke morning routine lainnya.
1. Membuatkan susu coklat anak. Pas saya bangun biasanya sikecil akan bangun beberapa menit (bahkan jam, kalau tidurnya gak nyaman) meminta minum di dapur -sambil menunjuk kotak susu- dan gakbisa ditoleransi 😂

2. Nyuci baju atau menemani anak main. Sambil disambi ngeblog atau nulis postingan (gak selalu sih 😅 biasanya malah buka laptop, baca buku) intinya kalau untuk pagi hari lebih kepada produktifitas aja. Masaknya kapan? saya nggak masak 😂 soalnya itu tugasnya pak suami. Karena pekan ini suami lagi dinas, maka biasanya saya beli makan atau goreng atau rebus yang udah ada distok freezer.

3. Olahraga. Pagi ini cukup dengan senam aja. Bersama anak. Kemudian makan buah dan duduk selonjoran.. baca buku.

You will never have this day again so make it count!

Pagi hari emang sangat berpengaruh. Beneraan.. Kalo paginya males malesan bakal remuk redam itu badan seharian. Bukannya malah sehat, justru tambah lemes. Coba kalau pagi dibuat aktifitas yang aktif  berkeringat, sehat, produktif maka seharian akan sehat. Ketika kita enjoy, maka hormon baik itu akan tumbuh berkembang dan aktif.

Karena itulah Rasulullah selalu melarang Fatimah putrinya untuk tidak tidur setah sholat subuh. Ini reminder banget buatku apalagi jika badan sakit ya.. lebih baik tidur kan.. alesannya gitu. Tapii ternyata tidur pagi justru membuat badan tambah sakit 😂 dah tobaat.

Alhamdulillah sejak rutinitas diatas itu dilakukan, gak ada lagi 5L (lemah, letih, loyo, lemes, lunglai) di badan ini. Bye bye dah..

Dan tidak lupa untuk senantiasa bersyukur 😍

Rise up, start fresh see the bright opportunity in each day

 

Salam penuh semangat.

Niknik di Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *