#NHW6 -Matrik- Manage yourself before you manage Everything

NHW matrikulasi ibu profesional kali ini pas banget dengan yang selama ini saya lakukan. Tepat juga saat membuat formula ini ketika sedang revisi jadwal harian ๐Ÿ˜…

Setiap hari saya memang membuat list to do. Bersama suami juga sejak awal menikah menyusun beberapa hal termasuk dalam keseharian. Kami sering membuat yang namanya “standard” bahkan pada tahun 2014 (setelah menikah) sepakat membuat catatan masing masing. Kemudian bergerak ke visual (membuat peta harian). Tahun 2016 berubah metode dan mengganti nama rutinitas dengan sebutan “standar pagi, standar siang dan sore-malam”. ๐Ÿ˜…

Sebenarnya saya bukan orang yang terjadwal, kalau suami emang benar benar sesuai dan taat pada apa yang dijadwalkannya. Saya sendiri masih amatiran ๐Ÿ˜‚

Tahun 2017 lalu misal saya mencoba memasukkan agenda olahraga karena saya mulai menyukai olahraga – padahal sejak awal menikah suami sudah mendorong saya untuk minimal senam atau lari๐Ÿ˜… tapi pada dasarnya saya nggak mau berubah jika saya nggak menemukan pemahaman sendiri wkwkwk.

Jika suami menjadikan olahraga seperti makan makanan pokok, wajib dan harus, justru saya menjadikan olahraga seperti aktifitas mubazir karena menganggap lebih baik tidur atau baca buku ๐Ÿ˜‚ย #plaaak tobat deh.

Walaupun disusun sedemikian rupa tetap aja jika dari dalam diri ngga sadar buat berubah kan percumaa. beTul ?!๐Ÿ˜š

Akhirnya segala standard yang saya buat itu benar benar musnah, seiring dengan berbagai agenda yang tetiba hadir begitu saja. Baru sadar pas khatam baca buku pakdhe stephen terutama bagian yang “First things First” ๐Ÿ˜‚ย trus dibahas pula di IIP. Pas banget dah. nampoll ๐Ÿ˜š

Januari-Februari 2018 agenda saya masih acakadut, karena beberapa hal ditumpuk banyak dan dikerjakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya ๐Ÿ˜‚ย (wis numpuk eh malah kudu beres cepat). Omaigad lah pokonyaa ~beruntungnya saya nggak sampe jatuh sakit sayanyaย ๐Ÿ˜… sebab udah diimbangi dengan senam dan meditasi.

Seperti kemarin, anak tetiba panas tinggi maunya nempel kayak perangko. Bahkan mau berangkat ngajar paud yang biasanya semangat malah mlempem, mintak gendong. Yaudah daripada ngga berangkat.. jadilah ngegendong sepanjang jalan ๐Ÿ˜š

Akhirnya malam ini membuka hape, coba evaluasiii dan coret coret disini plus untuk mengerjakan NHW.

Dari kemarin tangan ini udah gatel pengen nulis biar segera tuntas dan segera dicoba (sebab harus trial satu pekan dlu, kalau ngga maka ngga tau mana yg harus direvisi ke depannya). jadi aktifitas apa aja yanv emang perlu di discard dan mana yang dipupuk..

sebenarnya kalau berbicara aktifitas, kuncinya ada di sini ๐ŸŽฏ (otak) dan disini โ™ฅ๏ธ (perasaan) ๐Ÿ˜š

bagi saya pribadi, kunci utama ada pada waktu pagi. Jika di pagi hari pas bangun tidur otak dan (p erasaan) hati fresh maka seharian akan okeh. Berbeda ketika udah sejak bangun malah clutter, wah udahlah seharian bakal clutter.

Beruntungnya di rumah saat ini sudah didukung kondisi rumah yang spark joy ๐ŸŒผ๐ŸŒธ maka ngga terlalu stresslah dan emang suka hidup yang se-sederhana mungkin (udah mulai ngejual jualin barang yang nggak digunakan lagi).

Untuk aktifitas didalam rumah alhamdulillaah udah bagi tugas sama suami.

Pada NHW kali ini diminta memaparkan tiga aktifitas utama bin penting dan tiga yang nggak penting, maka saya paparkan berikut ini :

Aktifitas nggak penting saya (udah mulai ditinggalkan) ๐Ÿ˜‚

1. Buka hape hanya buat baca media sosial. Sebenarnya boleh boleh aja tapi kalau udah kebablas bacaaa medsoc, ujung ujungnya sering nyesell syeell karena wasting time bangetย ๐Ÿ˜‚ udah deh tobat. aplikasi FB udah dilogout otomatis, buka pas posting jualan aja. Wkwkwk. Instagram juga ih.. soalnya bisa lapar mata. Makanya saya minimalisir following IG supaya ngga panjang banget feeds/ history (yang berbentuk circle)nya.

2. Tidur-tiduran atau leyeh leyeh. Ini kadang suka kebablas juga kalau misal lagi pukpuk anak bobo siang. niatnya ikutan take a nap hanya 30menit (kalau anak bolehlah sampe sore bangun) lhaa malah kadang faktanya anak bangun duluan dan nungguin uminya bangun #teparrdah. Makanya tidur tiduran menjadi aktifitas yang nggak penting menurut saya. Endingnya nyesel ๐Ÿ˜‚ย jadi kalaupun terpaksa tidur siap dengab pasang alarm.

3. Nonton film atau ngobrol dengan teman via telpon. Balada emak emak jaman now yang jarang keluar rumaah ย jadi kadang telpon telponan gak kenal waktu, ini wajib du stop banget. Bahkan saat ini bagi yang mau nelpon saya kenakan jadwal antrian ๐Ÿ˜‚ biar nggak habis waktu seharian. Atau misal nemanin anak nonton film kartun ย lha malah saya keasyikan ikut nyimak (bahayanya orang yang punya bakat fokus nih ya ini.. gak bakal bisa bergerak/berpindah kalau udah menghdapi sesuatu di 3 menit awal di depannya, bakal keterusan๐Ÿ˜…) so, mulai sekarang udah nggak bakal melirik film lagi kalau anak nggak minta penjelasan. okeh. bye.

Naah selanjutnya adalah tiga aktifitas superr duperr penting dalam 24 jam. Saya bagi menjaadi 3

1. Myself and my family (sholat, tilawah, membersamai anak, menyapa suami, ngobrol dengan suami, me time dan evaluasi diri)

2. My Health and insight (olahraga, baca buku, upgrade skills, membaca berita, ikut kajian, liqo, dll.)

3. My Others Usefulness -kebermanfaatan (menulis, membangun komunitas, membangun bisnis).

Dari tiga poin penting diatas maka hanya akan dibagi dalam waktu sehari aja, yakni 24jam.

Maka nggak mungkin terbagi rata kan? maka saya pilih 3 yang pokok yakni : membersamai anak, baca buku/ upgrade ilmu dan memantau aktifitas lainย (rktim dan konMari).

Lantas bgaimana membaginya?

Akhirnya nemu istilah di IIP ini yaitu kandang waktu.ย 

Kandang (jadi inget dulu jaman masih tk-sd menggembala kambing, tiap pagi ngeluarin kambing, siang pulang sekolah ke sawah angon, sore ngumpulin kambing lagi bawa pulang dan masukin ke kandaang) ๐Ÿ˜‚ aya artikan sebagai lokasi untuk waktu tertentu yang sesuai denga ย goals kehidupan atau cita cita.

Di kandang waktu ibarat membuat waktu yang 24 jam tersebut dimanage dan sesuaikan dengan target, tujuan dan harapan dari kandang besar (jangka panjang) menjadi kandang harian (aktifitas harian) kita.

Kalau disimak agak detail jadi inget buku pakdhe Stephen R. Covey lagii di buku yang berjudul Living the 7 Habits. Khatam baca yang 7 Habits, kini lagi on the way yg 8th nya.

Pada buku Pakdhe Stephen bahasannya detail banget bahkan ceritanya kayak novel jadi asik ngebacanya nggak bikin boring tapi bisa ngena banget.

Disanaa ada yang namanya “mengasah gergaji” pada poin habits yang ke-7. Mirip dengan seiketsu Kaizen nya Pak Deming lah ๐Ÿ˜… yang artinya kita harus memperbaharui diri terus menerus.

Bedanya, kalau di buku seiketsu kaizen lebih kepada perbaikan kualitas produk dan profesionalisme. Kalau di buku 7 habits mendetail “mengasah gergaji” pada empat bidang kehidupan dasar yaitu : fisik, sosial/emosional, mental dan rohaniah.

Didalam lingkaran mengasah gergaji itu terbagi menjadi dua hal proses kemenangan (apa sih istilahnya yaaa yg tepat ๐Ÿ˜‚ untuk the winner? pemenanglah intinya.. atau kalau kasarannya dijelaskan bahwa setiap diri kita adalah the winner alias pemenang, karena hanya dg 1 sperma yang terkuat yang mampu menjadikan diri kita zygot~ ini bukan tulisan Stephen ya, hanya tambahan ala ala saya pribadi ๐Ÿ˜‚) ย yaitu ada kemenangan pribadi/kesuksesan pribadi dan kemenangan/ kesuksesan publik. Nah 6 habits yg atasnya tuh disebar di dua tempat itu.

Lhaa kok malah ngebahas bukunya pakdhe sih ๐Ÿ˜‚ tuuh jadi kemana mana..

Di kandang waktu ini terbagi menjadi dua yaitu jadwal rutin dan jadwal dinamis.

Jadwal rutin saya adalah minum air putih saat bangun tidur, sholat subuh, tilawah, kajian kadang kalau suami mengisi, olahraga, standar pagi hingga suami berangkat bekerja yakni maksimal pukul 08.00

Jadwal dinamis saya 8 to 8. Start pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam. Pada jam dinamis ini diisi dengan waktu yang tertera di 3 poin aktivitas penting diatas.

rutinitas

bangun tidur – 08.00 olahraga, sarapan, mandi dan prepare everything.

08.00 – 11.00 (tiap senin, selasa dan kamis ngajar paud. rabu dan jumat agenda lain. Jam 08.00-09.00 merger dengan mengisi materi di klas shokyuu)

11.00-12.00 biasanya anak bobo, atau lagi main, bisa disambi baca buku. dan ishoma.

12.30-13.00 mengerjakan pekerjaan A

13.00-13.20 break

13.20-15.30 kerja lagi (ini nggak murni kerja, biasanya sambil main dengan anak juga)

15.30-16.30 mandiin anak, beberes dll.

16.30-18.00 baca buku

18.00-20.00 praying time, family time.

20.00 stop.

20.00-22.00 rutinitas sebelum tidur, ngetik, baca buku dan prepare untuk esok.

Untuk Rktim karena saya membina reseller maka saya buatkan timeline khusus.

Untuk KKI/ komunitas konmari indonesia saya ngga sendiri karena disana bermain dg tim (khusus topik saat ini hanya ngisi konMari shokyuu-next bakal ngisi klas >>> di chukyuu dan jyoukyuu class) udah ada agendanya juga komplit jadi nggak bakal nabrak dengan yang lain.

Kalau weekend agak beda agendanya sebab biasanya saya postkan untuk ngisi workshop dan seminar. Atau ada agenda keluarga dll.

Bismillah semoga sepekan ini dicoba dan sukses. klo gagal yaa evaluasi dan coba lagii.hehehee

#NhW6

One Reply to “#NHW6 -Matrik- Manage yourself before you manage Everything”

  1. […] pengerjaan NHW 1, NHW 2, NHW 3, NHW 4, NHW 5, NHW 6, NHW 7, NHW 8 dan terakhir NHW 9 belum ada kendala yang terlalu berat. Sebab saya menikmati setiap […]

Tinggalkan Balasan