Peran BPK-RI Sangat Penting

Setiap diri kita wajib menata dan mengatur keuangan rumah tangga supaya terhindar dari masalah finansial. Apalagi jika rumah yang dimaksud disini adalah rumah yang lebih besar dan kompleks permasalahannya, dalam hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah Negara.

Indonesia, dengan kekayaan sumber daya alam dan manusia yang melimpah membutuhkan pengelolaan yang tepat dan akurat. Terutama dalam hal pengelolaan keuangan negara. Masih banyak hal yang belum saya ketahui terkait badan pemeriksa keuangan ini.

Baru kali ini pula saya membaca website badan pemeriksa keuangan (BPK) selama hampir 27 tahun hidup di bumi Indonesia. Padahal BPK sudah berdiri setahun setelah kemerdakaan, yakni pada tanggal 28 Desember 1946. Bisa dibaca detail terkait sejarah BPK disini.

BPK RI

BPK RI sudah lama berdiri dan memberikan peran dan usaha ekstra dalam menangani permasalahan (memeriksa) keuangan negara. Dengan adanya BPK RI maka semua fungsi berjalan di garis edar yang tepat.

Fungsi pertanggungjelasan –misalnya. Suatu negara bisa dikatakan akuntabel jika memiliki kemampuan pengaturan keuangan yang tepat. Sehingga Negara akan mampu menjelaskan kondisi yang dialami kepada rakyatnya, termasuk didalamnya keputusan yang diambil dan berbagai aktivitas yang dilakukan.

Disini saya akan membahas terkait “peran serta masyarakat dalam mengawal harta Negara“.

Hampir seluruh wilayah Indonesia sudah mampu mengakses jaringan internet. Inilah keuntungan kehidupan saat ini. Serba cepat dan dinamis. Pun dengan BPK-RI kini sudah memiliki situs yang aktif. Sehingga masyarakat mampu terintegrasi dengan berbagai berita dan informasi dari BPK baik dari segi pemaparan kinerjanya maupun berita yang lain.

Untuk mengatasi sebuah problem di masyarakat, misalnya ada informasi kabar burung yang belum tentu kejelasannya terkait kondisi keuangan negara maka bisa segera kroscek dan akses dengan cepat melalui kontak informasi yang telah disediakan oleh BPK-RI. Sehingga segala bentuk kabar yang belum tentu kejelasannya terkait keuangan negara mampu dengan cepat diklarifikasi.

bpkri fb

Masyarakat bisa langsung memantau kinerja Negara dalam pengelolaan keuangan, melalui website, bisa langsung klik annual report.

Mungkin dalam hal teknis, masyarakat kurang begitu peduli terhadap laporan berbagai macam bentuknya. Mungkin masyarakat kita selain masih kurang peduli pada kondisi keuangan negara, bisa jadi juga kurang memahami bagaimana membaca angka-angka tersebut. Biasanya masyarakat hanya menginginkan bentuk nyata secara fisik perbaikan fasilitas dan kesejahteraan. Padahal segala perbaikan dan kesejahteraan yang mereka peroleh itu kuncinya ada pada pengelolaan keuangan negara.

Kita tidak akan mengetahui suatu keputusan negara jika tidak mengetahui kondisi keuangannya. Maka dengan sangat tegas saya bersyukur dengan adanya lembaga BPK-RI ini. Mungkin dengan berbagi cerita di blog ini, masyarakat menjadi tau dan peduli untuk mendukung BPK-RI bekerja sesuai dengan fungsinya.

Lantas jika tanpa BPK-RI, apa jadinya negara ini?

bpkri twitter.

Hal yang menurut saya cukup menarik adalah lembaga negara juga mulai mendekati masyarakat milenial kita yakni dengan adanya akun sosial media.

BPK RI pun jadi menarik disimak melakui beberapa akun sosial medianya. Baik melalui facebook, Twitter, maupun instagram. saya berharap dengan adanya media sosial ini, BPK RI mampu lebih dekat dikenal oleh masyarakat. Berita baik bisa dibaca melalui laman websitenya misalnya yang ini.

Semakin jaya dan semakin baik kinerja BPK yaa. semoga BPK mampu mengantarkan negara Indonesia yang kaya raya dan bermartabat di mata dunia.

bpkri.ig

 

Tinggalkan Balasan