DAILY IBU PROFESIONAL

Profil Khoirun Nikmah : Mahasiswi Bunsay Bogor Batch 5

Pre-Lude

Salam kenal, nama saya Khoirun Nikmah. Bisa dipanggil Nikmah atau Niknik. Saya dari Kabupaten Lumajang yang kini menjadi warga Bogor. Dalam tulisan ini, saya memperkenalkan diri sebagai mahasiswi Bunda Sayang -Ibu Profesional Wilayah Bogor- angkatan ke-5.

Ini foto saya bersama suami dan putera pertama kami. Fotonya di Lumajang, akhir tahun 2017 lalu.

Hobi saya sejak dulu enggak pernah berubah, membaca. Mungkin masih berkaitan erat dengan kepribadian. Kebetulan, personality saya INTJ-T (jika ingin tahu itu apa? 😅 bisa cek pada high light story instagram saya yang berjudul : introvert).

Kegiatan Sehari-Hari

Sehari-hari selain membersamai anak, saya juga isi dengan menulis untuk beberapa penerbit. Selain itu juga membangun Organisasi Gemar Rapi serta terus belajar apapun yang menurut saya perlu dan penting.

Biasanya saya duduk di depan laptop, membersamai anak, membaca dan membacakan buku, ngobrol dengan suami, online instagram dan sesekali nonton youtube. Di rumah enggak ada TV, sehingga ya begitulah sehari-hari saya. Sepekan sekali ada halaqah, sepekan sekali sering ada seminar- kalau enggak ikut seminar, ya ngisi seminar. Kalau 24 jam selama ada tugas bunsay, pasti saya isi post blog disini.

Pendidikan

Pendidikan formal terakhir di teknik kelautan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya, saya angkatan 2009. 

Karena sudah berpanjang lebar di aliran rasa, maka saya kira sudah cukup untuk perkenalan singkat ini.

Interlude

Post blog ini sebenarnya saya khususukan untuk mengikuti pertukaran pelajar kelas BunSay. Namun pada akhirnya, saya gunakan untuk update informasi dan progress badge serta HEE (high ending energy) setiap levelnya.

Curriculum Vitae

CV singkat saya seperti di bawah ini, tak lepas dari skills berbenah dan pengalaman menulis buku. InsyaaAllah ke depan setiap ada pembaharuan judul buku, saya update pada laman published book.

CV Bisa diunduh di sini

Perjalanan Diri sebagai Mahasiswi Ibu Profesional

Masa Matrikulasi

Saya masuk kelas Matrikulasi bulan Desember 2017, angkatan kelima. Disana saya mengikuti pra-matrikusi. Semua arsip tugasnya saya lampirkan pada kategori post blog ini.

Kemudian di bulan Januari 2018, saya mengikuti kelas matrikulasi kurang lebih selama 8 pekan dengan 1 NHW per pekannya. Saya arsipkan pada kategori Tugas Matrikulasi ini.

Alhamdulillah kemudian lulus.

Sertifikat Kelulusan saya di Matrikulasi Batch 5
Selain mengikuti kelas, saya juga mencoba mengikuti student exchange Matrikulasi. Ceritanya ada disini.

Pasca Matrikulasi

Selesai lulus dari Matrikulasi, saya masuk ke grup wilayah Bogor. Disini beberapa kali saya diminta berbagi cerita berbenah, terutama KonMari pada masa itu. Sebab KonMari pernah menjadi bagian dari social adventure saya.

Disini saya berbagi tentang KonMari

Tidak hanya berhenti di wilayah Bogor, saya beberapa kali juga diminta untuk mengisi di Ibu Profesional wilayah lain seperti Malang Raya, Tangerang Selatan, Kalimantan Tengah, dll.

Sertifikat dari Tangerang Selatan, wilayah yang lain saya lupa meletakkannya dimana. Perlu dicari lagi nih.

Pasca Matrikulasi, saya juga sempat mengikuti tantangan wilayah (entah kenapa saya kok suka sekali tantangan, hehe). Dan alhamdulillah masuk tiga besar sayembara “Change Maker Family” 2019. Waktu itu, selain saya bisa hadir dalam acara Milad sekaligus wisuda kelas IP Bogor secara gratis, juga mendapat pengalaman berjumpa dengan pembicara yang keren.

Sertifikat ini, enggak ada bentuk soft filenya. Saya foto dan unggah di IG waktu itu.

Di wilayah Bogor, pernah juga diminta sharing berbenah kulkas dan food preparation pada Rumbel Boga.

Mengisi rumbel Boga

Masa Pra-Bunsay

Tibalah waktu yang saya tunggu-tunggu, kelas Bunsay. Perlu satu tahun untuk berada disini. Diawali dengan seleksi, uji coba challenge dan akhirnya terdaftar di grup Pra-Bunsay. Semua arsip tugas saya masih utuh disini, bisa dibaca.

Pra-Bunsay dimulai tanggal 11 Maret, selama 4 kali atau 4 pekan saya mengikuti tantangan demi tantangan. Kemudian memperoleh badge seperti di bawah ini.

PRA-Bunsay. Badge Arsitek Peradaban
PRA-Bunsay Menjadi Pribadi yang Lembut
Pra Bunsay Manajemen Waktu
Pra Bunsay Aktualisasi Diri

Masa Kelas Bunda Sayang

Di kelas ini, saya membaginya menjadi beberapa kategori post blog. Saya bagikan mulai dari level pertama hingga akhir. Setiap heading hanya akan saya tampilkan badge serta HEE yang disana ada nama saya, jika enggak ada nama saya, ya saya kosongi. Tujuan update ini sebagai apresiasi diri saya, minimal mampu bertahan untuk menulis tugas walaupun dalam kondisi kepayahan.

Silahkan klik setiap sub-judul Game Level di bawah ini jika ingin membaca tugas serta aliran rasa yang saya tulis setiap levelnya.

Game Level 1 – Komunikasi Produktif

Badge Level 1
HEE Komunikasi Produktif

Game Level 2 – Melatih Kemandirian

Badge level 2
HEE Melatih Kemandirian

Game Level 3 Menstimulasi Kecerdasan Anak

Badge Level 3
HEE Menstimulasi Kecerdasan Anak

Selesai Game Level 1-3 saya mengikuti pertukaran pelajar Mahasiswi Teladan. Alhamdulillah terpilih secara Nasional, satu dari enam mahasiswi.

Berikut ceritanya (sila diklik) dan Sertifikat saya lampirkan disini (sebagai portofolio di level Bunsay ini).

Mahasiswi Teladan Nasional

Game Level 4 Mengamati Gaya Belajar Anak

Badge Level 4
HEE Memahami Gaya Belajar Anak

Game Level 5 Menstimulasi Anak Suka Membaca

Badge Level 5

Pada level 5, tidak dibagikan HEE.

Game Level 6 – Menstimulasi Anak Suka Matematika

Badge Level 6

Pada level 6, tidak dibagikan HEE.

Game Level 7 – Semua Anak adalah Bintang

Badge Level 7
HEE Semua Anak adalah Bintang

Game Level 8 – Cerdas Finansial Sejak Dini

1 thought on “Profil Khoirun Nikmah : Mahasiswi Bunsay Bogor Batch 5”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *