EDUKASI MARKETING

Profiling Target Pasar

Seringkali yang membuat kita kurang berdaya dalam berdagang sebenarnya bukan karena produknya, melainkan karena kesalahan kita yang seringkali dilakukan yaitu menawarkan produk pada orang yang salah.

Jika Target pasar kita adalah pengguna Facebook, maka buatlah akun facebook kita berteman dengan target pasar agar semakin mudah kita menawarkan jualan kita. Ingat bahwa menjual produk ke semua orang di sepanjang waktu itu membuang waktu sekaligus membuang tenaga. Sia-sia.

Caranya bagaimana?
Pertama, lakukan profiling Target pasar.

Sebelum lanjut, mari kita simak video berikut :

Saat melakukan Profiling, kita akan menganalisa psyhcographic target pasar. Dari sana, kita akan dapatkan apa “minat” mereka. Data “minat” target pasar ini digunakan untuk mencari dimana target pasar produk kita berada.
Lalu cara mencarinya bagaimana?
Ada 3 cara yang bisa kita gunakan.

  1. Teknik searchisback.com
  2. Invite temannya teman
  3. Teknik Blusukan

Namun, sebelum kita lanjutkan tutorialnya, dimohon facebooknya diubah setting kedalam bahasa inggris. Caranya, klik Pengaturan -> Bahasa -> Plih Bahasa jadi English (US) -> Simpan Perubahan agar memudahkan mengikuti step selanjutnya.

Teknik 1 Web searchisback.com

Website searchisback.com adalah platform yang membantu kita mencari teman facebook berdasarkan status, minat, wilayah, serta usia.
Bagaimana Teknik ini bekerja?

  1. Log In akun Facebook
  2. Tulis di browser (sebaiknya menggunakan chrome), https://searchisback.com
  3. Nanti kitaa akan dibawa ke halaman untuk mencari
  4. Ubah Settingan “Search for” jadi Non-Friends
    (Karena kita mencari orang yang belum berteman dengan kita)
  5. Isi Settingan “Current Location” dengan Tempat tinggal Target pasar kitaa. Jika kita tidak tahu di mana spesifiknya mereka berada, bisa diisi dengan Indonesia.
  6. Isi settingan “Interest” dengan Minat target pasar kita (Apa yang kira-kira di sukai oleh target pasar? itu adalah minat).
  7. Masukan data yang lain, jika kita ingin mencarinya lebih spesifik.
  8. Jika data sudah diisi, klik “Find People!”

Setelah klik find people, searchisback akan mengarahkan ke target pasar kita sesuai minat.

Disclaimer

Yang perlu di perhatikan dari teknik satu ini.
 Pertama, teknik diatas hanya bisa berfungsi di computer saja. Jika di Handphone tidak bisa.
 Kedua, kolom interest hanya untuk satu kosa kata saja.
 Ketiga, platform ini akan memunculkan orang-orang yang memiliki mutual friend terbanyak dengan kita di daftar teratas. (mutual friend adalah teman yang sama).
 Tidak semua akun Facebook bisa menggunakan fitur ini.
 Entah saat ini masih bisa atau tidak, saya belum mencoba. Dahulu waktu ikut training ini, tahun 2017, masih bisa. Entah sekarang bagaimana.

Teknik 2 Invite Temannya Teman

Pada prinsipnya, orang-orang yang memiliki satu “minat” itu berkumpul dalam satu tempat. Saling tarik menarik.
Nah, jika kita sudah berteman dengan target pasar, bisa jadi target pasar kita punya teman, dimana temannya adalah target pasar kita juga karena minatnya sama. (Hehehe, baca pelan-pelan bagian ini)
Lantas bagaimana caranya dapat temannya teman Anda yang punya minat serupa? Caranya sebagai berikut.

  1. Log in akun Facebook
  2. Tulis di browser Anda https://www.facebook.com/?sk=ff
  3. Setelahnya, di kanan bawah akan muncul mesin pencarian.
  4. Jika ada teman kita yang banyak berteman dengan target pasar kita, masukkan namanya di “mutual Friend”. Atau jika ada pelanggan kita yang loyal, masukkan namanya di bagian “mutual friend”.
  5. Kita bisa memasukkan lebih dari satu nama.
  6. Setelah nama dimasukan, Facebook akan menampilkan daftar orang yang belum jadi teman kita.
  7. Setelah muncul akun-akunnya, invite deh, hehe.
  8. Tampilannya seperti di halaman berikut.

Atau cek langsung di menu search

Teknik 3 – Blusukan

Jika dua teknik diatas tadi menggunakan komputer ataupun laptop. Nah, teknik ketiga ini cukup bermodalkan ponsel aja. Bagaimana caranya?

Prinsipnya teknik blusukan adalah kita mencari target pasar di akun-akun Facebook yang aktif. Kita bisa mencari target pasar di 4 tempat.

  1. Di Fanpage yang mungkin difollow oleh target pasar kita.
  2. Di Grup-grup Facebook, di mana target pasar kita kemungkinan ada di dalamnya.
  3. Di Akun kompetitor tidak langsung.
  4. Di Akun kompetior langsung.

Untuk poin 3 dan poin 4, bisa dipahami kah?
Jadi begini, Kompetitor itu secara umum terbagi 2 hal. Kompetitor tidak langsung dan kompetitor langsung. Dimana bedanya?

Bedanya, kompetitor tidak lansung adalah mereka yang mengincar target pasar yang sama dengan kita, tapi produk yang di jual berbeda. Contoh, kita jual snack, kompetitor tidak langsung kita jualan brownis.
Kedua produk diatas sama-sama camilan, target pasarnya mirip kan?

Sedangkan kompetitor langsung, adalah yang menyasar target pasar serupa, ditambah produknya sama. Contoh jual hafizdoll, dan semua orang yang jual hafizdoll dengan segmentasi pasar serupa dengan kita adalah kompetitor langsung.
Begitu ya perbedaannya. ^^

Kembali ke mencari prospek. Kita bisa mencari target pasar dengan cara invite akun-akun yang like, komen, atau share di 4 tempat tadi.

Disclaimer

Perlu di garis bawahi disini. Kelemahan jualan di social media adalah itu, sesama penjual bisa berebut target pasar. Tapi pesan kita sebagai keluarga RKTIM adalah bersainglah secara sehat.
Biarkan pasar memutuskan mau transaksi ke siapa. Teman boleh sama, tapi rezeki tidak akan tertukar.
Apa yang untuk kita, pasti sampai di kita. Apa yang bukan hak kita, tidak akan pernah sampai. Begitu ya kira-kira. Intinya kita mencari berkah, bukan untung/omset semata.

Juga, hargai saat kompetitor kita jualan. Jangan mentang-mentang saat mereka jualan, dan kita punya penawaran lebih baik, kita komen statusnya agar orang-orang lebih memilih beli di kita. Waduh, ini tiada etika namanya. Tetap kita utamakan adab dan tidak berjualan sembarangan, kita jualan yang elegan ya. Jangan sampai kita menjadi spammers (orang yang membuat spam, pernah lihat kan di kolom selebgram yang peninggi badan atau pelangsing? nah, itulah spam).

Jualanlah, di akun milik kita sendiri ^^

Bagi yang berjualan di fanpage, silahkan invite teman kita untuk like/follow akun fanpage kita dengan cara memberikan undangan. Bertahap saja.

Bisa dengan cara Share seperti ini :

Atau membuat undangan langsung :

Kita bisa memilih beberapa teman untuk like FP kita secara bertahap.

Untuk FB Personal bagaimana ?

Strategi Agar Invite-an pertemanan kita diterima

Walaupun kita tahu siapa target pasar kita, itu tidak akan membuat mereka lantas mau terhubung dengan kitaa.
Lalu, apa yang harus dilakukan agar mereka mau berteman dengan kita?
Kita bisa melakukan pendekatan ini.

  1. Jangan pasang foto Alay, plus jangan pakai nama yang susah dieja. Tidak perlu pakai angka di nama Facebook Anda, atau bahkan huruf besar kecil dalam 1 kata, hehe. Jika kita melakukan hal diatas, target pasar kita akan berfikir puluhan kali sebelum mereka mau berteman dengan kita, bisa dikira akun bodong atau akun alay, hehe. Sebaliknya, pasang foto yang sopan, dan nama sebenarnya itu menunjukan bahwa kita professional. Pembeli suka penjual yang professional.
  2. Hindari menggunakan nama toko, atau nama merk, karena presentase pertemanannya akan turun.
  3. Sebelum berteman, mereka akan mengecek siapa kita. jadi, lengkapi profil Anda selengkap-lengkapnya. Jika kita bekerja di PT Mencari Cinta Sejati (wkwkwk ini banyak yang kayak gini, alay deh), sebaiknya keluar dulu, hehe. Jabarkan siapa diri kita di profil dan bio facebook, dari situ, orang lain akan tahu kita sebelum mereka mengenali kita.
  4. Banyak-banyak posting sesuatu yang bermanfaat, kurangi posting jualan. Jika isi timeline kita jualan semua, mereka akan tahu mereka di prospeki bahkan sebelum menerima pertemanan kita nanti, hehe
  5. Jumlah mutual Friend yang tinggi akan memperbesar permintaan pertemanan kita di terima.
  6. Share salah satu postingan public figure yang disukai oleh Target pasar kita. Lalu mulai invite.
  7. Like 3 status target pasar kita sebelum invite. Setelah like, lalu invite.

Cara diatas, tidak lantas menjadikan membuat pertemanan kita di accept 100%, tapi langkah-langkah diatas memperbesar kemungkinan-nya, hehe

Sekarang kita sudah tahu caranya, tapi bersabarlah saat menambah teman facebook kita. Perhari, jangan invite lewat dari 50 orang. Kenapa? Karena itu bisa dianggap melanggar peraturan Facebook. Sanksi teringan, di peringatkan, sanksi terberat, akun Facebook kita di hapus. Gak mau kan?

Juga, Karena kita invite secara massal setiap hari, mungkin akan terjadi penumpukan permintaan pertemanan. Jika terlalu banyak, kita akan kena peringatan oleh Pihak Facebook.

Oleh karena nya sesekali klik https://m.facebook.com/friends/center/requests/outgoing untuk melihat penumpukan friendlist rekues kita.
Setelah masuk ke web itu, ke menu request, lalu klik undo orang-orang yang belum menerima pertemanan kita. Hal ini akan membuat kita membatalkan penumpukan permintaan pertemanan.
Jika kita sudah melakukan itu, kita boleh invite orang yang sebelumnya kita undo, atau invite orang lain.

Nah, demikian praktik materi target pasar di facebook. Segera praktik dan sabar berproses yah prendkuuh.

Happy new day!

-RKTIM by Nikmah-

Sumber materi : Enterpreneur ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *