DAILY RUMAH TUMBUH

Raker Ceria Keluarga Rumah Tumbuh

Hai teman-teman. Pernahkah kalian mengikuti raker atau rapat kerja?

Tentu, beberapa dari kita pernah mengikutinya. Minimal di tempat kerja atau ‘latihannya’ ketika dulu menjadi mahasiswa di kampus. Ada raker himpunan, raker BEM, dan seterusnya.

Nah, kali ini saya ingin membahas rapat kerja a la keluarga rumah tumbuh. Apa itu rumah tumbuh? Yaitu sebutan untuk rumah yang saya dan keluarga huni, dimana pembangunan dan aktivitasnya memang bertahap dan bertumbuh. Membangun hunian tidak sekaligus jadi, menyicil, sekaligus menjadikannya sebagai tempat bertumbuh para penghuninya (kami dan anak-anak). Cerita awal rumah tumbuh di sini :

Dan ini foto rumah kami.

Mengapa ada Raker Keluarga?

Rapat Kerja Keluarga bagi kami sangat perlu dan menjadi kebutuhan. Jika sebuah perusahaan saja memiliki agenda penting berupa rapat kerja untuk menetapkan capaian-capaian tujuan serta prestasinya, maka keluarga yang dibangun untuk jangka waktu yang panjang, tentu lebih membutuhkannya kan?

Keluarga juga harus memiliki cita-cita, impian yang harus dicapai, dan itu harus didiskusikan secara serius agar setiap anggota keluarga bisa saling mendukung sehingga bisa sukses dan bertumbuh. Jangan sampai hidup keluarga kita ‘begitu-begitu’ saja dari dulu awal menikah hingga sekarang punya anak.

Maka, kami melaksanakan raker itu bulan ini. Maret 2022.

Kenapa tidak awal atau akhir tahun?

Ya, idealnya demikian. Namun karena kondisi akhir tahun lalu saya hamil trimester tiga. Tepat di akhir tahun dan awal tahun sudah memasuki proses persalinan, jadinya ganti tahun bertambah anak, sehingga membutuhkan recovery, adaptasi karena harus mengurus semuanya berdua. Tidak ada asisten yang membantu, orang tua pun karena pandemi tidak bisa berkunjung, kecuali mertua yang hanya beberapa hari di awal. Selanjutnya, hidup keseharian dijalani bersama-sama.

Tepat di bulan Maret akhir, tanggal 23-24, kami cukup longgar. Suami mengambil cuti tiga hari karena jatah cuti tahun lalu masih ada sisa. Jika tidak diambil hingga bulan ini, akan hangus. Maka, jadilah kami berempat (saya, suami, dan kedua anak kami) mengagendakan raker keluarga inti 2022.

Apa itu Raker Keluarga Rumah Tumbuh?

Raker keluarga rumah tumbuh merupakan rapat kerja yang pesertanya adalah penghuni rumah tumbuh.

Raker ini bertujuan untuk menetapkan hal-hal yang selama ini belum dikomunikasikan secara langsung, impian masing-masing, capaian yang hendak dituju, serta refreshing. Ya, raker ini diadakan di luar rumah, supaya fokus dan tidak terpecah konsentrasinya sebagaimana ketika berada di rumah (misalnya mendadak ada tamu, ada temannya anak bermain, dan sejenisnya).

Dimana Raker Dilaksanakan?

Kami memilih tempat di hotel Santika kota Bogor.

Kenapa di sana?

  1. Atas permintaan anak pertama, ia ingin banget berlibur dan menginap di hotel.
  2. Memilih hotel Santika karena berdekatan (sebelah-sebelahan) dengan Botani Mall. Sehingga anak bisa main dan makan di sana.
  3. Ada kolam renangnya. Anak bisa berenang pagi harinya.
  4. Kids friendly. Anak bayi tak perlu membawa baby bather, karena wastafelnya berukuran besar, included air panas dan dingin sehingga anak bisa mandi di wastafel dari keran air hangat.
  5. Sudah termasuk sarapan. Sehingga pagi hari tidak perlu keluar hotel.

Bagaimana Ritme Rakernya?

Kami check in hari Rabu siang. Namun, sebelumnya sudah menyusun jadwal.

Namun, realisasinya agak telat karena dalam perjalanan macet serta perlu menunggu antrian. Hotel Santika termasuk hotel yang cukup populer dan ramai walau di hari-hari kerja.

Apa saja yang Dibahas?

Dari rundown yang dibuat suami, saya lengkapi seperti ini.

Raker 1 : Menuliskan impian untuk 2022-2023. Meliputi :

  1. Finansial
  2. Pendidikan
  3. Spiritual
  4. Passion & Pengembangan Diri
  5. Community & Organisasi

Raker 2 : Brainstorming masing-masing, membuat summary dari semua topik.

Raker 3 : Elaborasi, gabungkan keduanya.

Raker 4 : Pengesahan.

Raker 5 : Selebrasi.

Namun pada pelaksanaannya, bertambah topik. Yaitu poin kesehatan. Selebihnya raker berjalan lancar.

Kesimpulan

Dikarenakan kami sudah satu visi-misi sejak awal menikah, sehingga setiap ada diskusi, cenderung lancar dan mudah digabungkannya. Selebrasi pasca raker berupa aktivitas berenang bersama anak.

Pulangnya, ini nggak terlalu penting dibaca sih, bertambah satu kantong tas berisi pakaian kotor. Wkwkwk. Dan kepala saya agak pusing karena harus beradaptasi lagi dari ruangan ber-AC menuju rumah yang tanpa AC. Sebenarnya saya kurang cocok tidur di ruang ber-AC seperti hotel, namun karena anak pertama yang ingin banget nginap di hotel (pengalaman menyenangkan tahun lalu diajak nginap ketika abinya kerja membuatnya kepengen lagi). Tetapi kepala saya tidak terlalu lama pusingnya. Hanya sebentar karena langsung beraktivitas.

Versi cuap-cuap podcast di sini.

Demikianlah catatan perjalanan santuy raker keluarga rumah tumbuh. Sampai jumpa pada postingan lainnya.

Tinggalkan Balasan