DAILY

[Review Buku] Coping Skills

Hari ini, balik lagi ke topik review buku. Judulnya Coping Skills, buku ini saya dapatkan di 2019 lalu. Sekilas saya baca cepat saat itu. Dan bulan ini, saya kembali menengok, membaca ulang, sambil berpikir, kira-kira apakah ‘pas’ untuk saya posting di sini. Ternyata, saya perlu membedahnya lebih dalam, sebab salah satu keterampilan yang perlu saya masukkan ke dalam pembelajaran bulan ini adalah materi dari buku ini.

Teman-teman, pernah merasakah diri kita begitu berat menjalani hari-hari? Merasa enggak berselera, seperti ada yang salah dan terkadang malah menyalahkan diri sendiri. Atau merasa di saat yang sama, beban pekerjaan serta segala hal yang direncanakan mendadak penuh serta kacau balau. Beberapa reaksi dari kita, mungkin ada yang masih fly or flight, ‘lari’ atau ‘hadapi’ (serang). Bisa dalam bentuk melawan situasi atau melenyapkan diri, sejenak, dalam hening atau langsung bereaksi menyelesaikan semua tanpa release emosi. Bahkan ada yang bingung mulai dari mana dulu?

Dalam berelasi, misalnya pernah menemukan kasus atau peristiwa yang hampir sama dengan apa yang pernah kita hadapi, sehingga kita memilih reaksi atau respons yang sama saat peristiwa itu muncul. Bahkan, kita pun bereaksi dengan reaksi yang sama terhadap orang yang berbeda di saat kondisi terasa ‘mirip’, dan itu terus berulang.

Misalnya, saat kondisi kita penuh. Ketika ujian dan tugas menumpuk. Sebagian ada yang langsung menghadapi cepat-cepat agar segera terbebas, sebagin lagi ada yang justru lari, malah nonton, malah tidak belajar, menjadi bodo amat.

Atau pada suatu hari, ingin rasanya marah-marah, kesal, bingung, tak jelas kenapa namun begitu menyesakkan. Reaksi kita bisa menarik diri, bimbang untuk bersosial dan seterusnya.

Nah, coping skills itulah yang sedang kita terapkan, tanpa sadar. Dan sebab itulah coping skills yang melekat dalam pikiran, tubuh serta mental kita, akan terus membawa diri kita pada titik yang saat ini. Kondisi nyata hari ini.

Lalu, apa itu coping skills?

Coping skill merupakan suatu pola karakter atau perilaku yang dapat meningkatkan kemampuan adaptasi seseorang. Termasuk kemampuan dalam memegang teguh nilai atau kepercayaan, dan paling penting adalah kemampuan dalam mengatasi masalah, dalam bersosialisasi, dalam menjaga kesehatan (badan dan juga mental), dan juga kemampuan dalam menjaga komitmen.

Coping skills are the tools we use to build up our stress management skills to prevent a freefall into distress. They also help us negotiate with our triggers and mitigate our response if we are triggered.

Coping skill juga bisa disebut sebagai suatu kemampuan menghadapi stres untuk mendorong diri agar tetap terus maju mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Detail Buku

Kita masuk kepada detail bukunya ya.

  • Judul : Coping Skiils, Tools & Techniques for Every Stressful Situation
  • Penulis : Faith G. Harper, PhD, LPC-S, ACS, ACN
  • Penerbit : Microcosm Publishing
  • Jumlah Halaman : 69 halaman (versi ebook)
  • Tahun Terbit : 10 Mei 2019
  • Genre : Non-Fiksi

Daftar Isi

  • Introduction : Shit’s Fucked.
  • What Exactly Do You Mean By Coping?
  • How Do Coping Skills Work?
  • Basic coping, Navy Seal style
  • Types of Coping
  • Live Through This Skills
  • Interval Judo
  • Mitigate The Bullshit
  • Find the pony skills
  • Cope onward
  • Helping others cope
  • An Empowering Conclusion Before You Face the World yet again
  • references
  • More Five Minute Therapy

Yang saya dapat dari Buku ini (my insight)

Sebagian besar kita, takut akan stigma, terutama stigma buruk terhadap para manusia dewasa yang mengidap gangguan mental, baik ringan hingga berat. Beberapa orang merasa memiliki coping yang buruk sebab mental itu sendiri, ada yang merasa tidak atau sulit mengendalikan coping bahkan tak memahami copingnya sendiri. Padahal, memerlukan keterampilan melatih coping bukanlah suatu kelemahan atau gangguan mental (mental illness) sebagaimana yang selama ini dipersepsikan sebagian besar orang bahwa coping skills identik dengan gangguan jiwa. Justru coping skills ini diperlukan oleh siapapun selama masih diberi hidup.

Hal paling fundamental tentang coping skills dan keterkaitan dengan diri sendiri yang saya ketahui dan pahami adalah :

  1. Tidak ada respons yang salah dan selamanya salah, yang ada hanyalah sikap adaptif semata. Artinya, jika seseorang sudah memiliki kemampuan coping dan terus meningkatkannya, maka ia sudah masuk ke dalam tataran level adaptif. Dan ingat bahwa manusia adalah makhluk hidup di muka bumi ini yang paling mudah melakukan adaptasi (adaptif).
  2. Apa yang kita perjuangan dan ikat kedalam tubuh kita sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan kita masukkan ke dalam alam bawah sadar setiap waktu, maka kita telah belajar mempertahankan hidup dan aman.
  3. Kita sejatinya tidaklah memilih untuk menutup diri. Tidak ada manusia di muka bumi ini tidak membutuhkan orang lain. Itulah kenapa, ketika kita belajar hal ini, bagikan, agar diri kita semakin terjaga dan saling menjaga satu sama lain.
  4. Belajar coping skills bukanlah pertanda gangguan mental, namun merupakan peringkat atau kenaikan level diri kita pada kondisi psikologis manusia.
  5. Kita tidak ada yang gila, kita hanyalah ingin beradaptasi dengan lingkungan dan membutuhkan ilmu ini.
  6. Stress tidak selalu identik dengan hal negatif, justru stress itu bisa menjadi hal baik atau buruk disebabkan kemampuan coping diri kita pribadi.
  7. Stress membutuhkan output berupa sumber daya, sehingga pentingnya diri kita menguasai teknik coping ini.
  8. Semua bermula dari napas. Latih napas, maka akan lebih mudah melatih coping.

stress refers to any event that requires an output of resources.

-soping skills-

Basic Coping, Navy SEAL Style

Terinspirasi dari gaya hidup angkatan laut, metode coping secara mendasar ini pun dirumuskan dalam buku ini (untuk menghindari spoiler, saya tuliskan poin-poin dalam bahasa aslinya saja).

  1. Pillar one : Very short term and very specific goal setting.
  2. Pillar two : Positive mental visualization.
  3. Pillar three : Positive self-talk.
  4. Pillar four : Managing self Arousal.

Beberapa Penunjang dari tipe-tipe Coping Skills yang perlu kita kuasai :

Untuk penjelasannya, kapan-kapan saja deh. Ini ngetik pas lagi ngantuk banget. Jadi, saya kasih nilai bukunya dulu.

Nilai buku : 3,8/5

1 thought on “[Review Buku] Coping Skills”

Tinggalkan Balasan