REVIEW BUKU BACAAN

Review Jurnal Alqur’an Tematik – Panduan untuk Memulai Kebiasaan Bertadabbur

Tahun 2022, bagi saya adalah tahun untuk tadabur. Bulan Desember lalu, saya sempat merenung saat hamil trimester 3. Apakah tujuan hidup di dunia? Bak memutar memori lama, pertanyaan itu muncul kembali sama persis saat usia saya masih 7 tahun kala itu. Namun, pemikiran masa kecil hanya sebatas ‘sebelum ada di dunia, dimanakah aku?’

Pertanyaan demi pertanyaan semakin terjawab di bangku sekolah oleh Guru Agama. Namun, seiring waktu berjalan, menjalani kehidupan, saya jadi semakin paham bahwa memaknai segala sesuatu, ujung semua jawaban ada pada Alquran. Itulah sebabnya, bisa dikatakan tahun ini adalah tahun yang tepat untuk memulai kebiasaan bertadabbur.

Akhir tahun 2021, saya mendaftar menjadi mahasiswi Akademi Alqur’an Al-Fatih. Mata kuliahnya 1 tahun penuh. Dimulai dari Januari 2022. Tujuan utama saya adalah semakin dekat dan tahu bagaimana cara memahami Alqur’an. Nah, pada postingan kali ini, saya mengulas jurnal Qur’an yang darinya juga saya merasa terbantu untuk memulai kebiasaan bertadabbur. Sebenarnya jurnal ini sudah saya beli tahun lalu, baru tiba bulan Januari 2022 karena pre-order. Dan baru saya gunakan bulan Maret ini.

Details

  • Judul : Jurnal Alqur’an
  • Karya : Ragwan Al-Alydrus (@creactivitybygwan)
  • ISBN : 978-623-7756-36-1
  • Published : Januari 2020
  • Publisher : Farha Pustaka
  • Jumlah halaman : 14×20 cm , 264 hlm

Jurnal ini didesain oleh Gwan @creactivitybywan terdiri dari pendahuluan, halaman journaling, dan refleksi belajar.

Review

Pada bagian pendahuluan, terdapat beberapa wawasan terkait journaling. Meliputi : mengapa tadabbur, mengapa Qur’an Journaling, Memulai Qur’an Journaling, dan Strategi Tadabbur. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan QR CODE Bulletin board. Dari sana, saya bisa belajar dan membaca banyak referensi untuk tadabbur. Sehingga aktivitas tadabbur Quran jadi lebih terarah.

Jurnal ini sangat nyaman karena disainnya menarik sekaligus cetakannya benar-benar presisi pas. Menggunakan ring book, sehingga ketika saya menorehkan pena di setiap sisinya menjadi seperti ‘meja’, tidak tertekuk sebagaimana pada buku dengan disain lem untuk perekatan kertasnya. Selain itu, dengan sampul tebal, hard cover, menjadikan buku jurnaling lebih elegan dan premium.

Pasca Membaca Pendahuluan

Setelah membaca pendahuluan, saya scanning QR CODE yang disediakan di halaman depan. Kemudian mulai menjurnal. Walau tidak setiap hari, setidaknya ada agenda khusus setiap pekan untuk bertadabbur. Terutama setelah mengikuti perkuliahan bulanan di akademi Quran. Biasanya setelah mencatat di majlis, saya salin yang bagian tadabbur ayatnya.

Dengan adanya jurnal ini, saya menjadi lebih terarah, teratur, tertata, dan tertarget dalam mempelajari dan mentadabburi Qur’an. MasyaaAllah TabarakAllah. Mudah-mudahan kita senantiasa dalam hidayah dan petunjuk untuk memperbaiki diri karena Allah. Amiin.

1 thought on “Review Jurnal Alqur’an Tematik – Panduan untuk Memulai Kebiasaan Bertadabbur”

Tinggalkan Balasan