REVIEW BUKU BACAAN

Review Jurnal Refleksi Harian Ramadhan The Qur’an Journal

Kemarin, tanggal 25 Maret 2022, saya terpekik gembira. Alhamdulillah hadiah jurnal dari Gwan sudah tiba. Gwan merupakan kreator jurnal yang islami. Sebelumnya, saya mereview jurnal tadabbur karyanya juga.

Details

  • Judul : Jurnal Refleksi Harian Ramadhan
  • Karya : Ragwan Al-Alydrus (@thequranjournal.id)
  • Published : Maret 2022
  • Jumlah halaman : 14×20 cm , iii+123 hlm

Bentuk Fisik

Tampak Depan

Tampak Belakang

Blurb

Bulan Ramadhan adalah saat dimana kita berupaya meraih Rahmat dan ampunan Allah SWT melalui puasa dan ibadah lainnya. Sangat disayangkan jika kita tidak bersungguh-sungguh mengisinya atau bahkan lupa pada hakikat dari bulan Ramadhan. Karena itu, jurnal ini menjadi media untuk membantumu tetap terarah pada tujuan taqwa yang dipesankan dalam Al-Qur’an. Harapannya kamu akan lebih siap menyambut bulan Ramadhan, penuh kesadaran dalam menjalaninya, dan bahagia saat mengakhirinya. Jurnal ini berisi panduan penting berkaitan dengan ibadah Ramadhan, juga kolom refleksi yang dapat kamu isi pada awal, tengah, dan akhir Ramadhan.

Review

Jurnal ini bukan sekadar jurnal pengumpul aktivitas, lebih dari itu, saya menemukan ‘ruh’ esensi Ramadhan secara jelas dan ringkas pada halaman pengantarnya. Gwan berhasil membuat saya mikir, bersemangat serta bersiap diri menyambut bulan suci ini.

Sebenarnya dari sisi fisik, sama halnya dengan jurnal tadabbur, saya suka disain serta cetakannya. Dengan bentuk sampul hard cover, dibalut ring book yang memudahkan membulak-balik kertas pada saat menorehkan tulisan, didukung gambar ilustrasi yang menarik, jurnal ini mampu memberikan secercah semangat menjalani hari nanti.

Gwan tidak hanya memberikan satu opsi cover, tapi ada bentuk ilustrasi cover lainnya juga. Namun saya memilih tema ‘month of multiple rewards’ karena saya menyukai gambarnya yang elegan, minimalis, neat dan clean. Ini hanya karena selera saya seperti itu ya.

Untuk isinya, saya beri angka 4,5/5. Karena jurnalnya ini ideal, tidak terlalu tebal namun tetap proporsional.

Terbagi kedalam tiga isian, yaitu 10 hari pertama, kedua dan ketiga. Keunggulan lain jurnal ini tidak sebatas terhenti di Ramadhan, melainkan juga ada refleksi pasca bulan suci.

Super membantu menjalani Ramadhan nanti terutama untuk kaum muda dan juga ibu-ibu sepertiku. Cocok untuk semua kalangan. Ikhwan dan akhwat.

Bagi teman-teman yang mau pesan, bisa langsung ke Instagram @thequranjournal.id atau langsung ke akun pribadinya Gwan.

Marhaban ya Ramadhan 🤲 mari kita sambut dengan sebaik-baiknya persiapan.

Tinggalkan Balasan