Tumbangkan Emosi Negatif

Ini tulisan saya saat mengisi training Smart Parenting di grup WA TSM (training smart parenting/mom)

….
Sebelum kita masuk materi yg td udh saya janjikan, ada materi super penting yg kudu kita kupas terlebih dahulu.. Yaitu terkait Neuroscience for kids terkait pengendalian emosi anak.
Nah sebelum kita bahas pengendalian emosi anak perlu kita kendalikan emosi kita terlebih dahulu..
Why?
Penelitian sudah menunjukkan bahwa orang di dunia ini 85% kesuksesan ditentukan oleh kecerdasan emosionalnya.
Seperti apakah itu?
Ayah bunda pernah tau kan cuplikan gini : “wah kegiatanku banyak nih, agendaku padat nih, waktuku kurang buat anak, bla bla bla…kudu manage waktu.”
Padahal yg dimanage sebenernya bukan hanya waktu karena waktu udah pasti dlm sehari 1x24jam aja gag lebih gag kurang semua orang sama. Yg kudu diperhatikan adalah manajemen emosi.
Wah serem ya? Gag kok, emosi ini bagus jika dimanage dg baik.
114055
Namun sblum bahas hal tsb. Mari kita simak kisah nyata berikut…
Kisah nyata ini dari Malaysia
Sepasang suami istri seperti halnya di kota kota besar, meninggalkan anaknya diasuh dg pembantu rumahh ketika bekerja. Anak tunggal ini adalah perempuan berusia tiga setengah tahun. Karena sibuk bekerja, pembantu kerap membiarkan anak tsb bermain di luar tetapi pagar pintu gerbang tetap dikunci. Beemainlah anak tsb dg ayunan yg dibeli ayahnya.
Suatu hari saat bermain, ia melihat sebatang paku yg berkarat. Ia pikir itu mirip pensil. Ia mencoba menggambar menggunakan paku di lantai marmer, coretan tsb tidak kelihatan. Dicobanya pada mobil baru ayahnya. Yaa karena mobil tsb berwarna gelap, coretannya nampak jelas. Anak tsb membuat coretan sesuai dg kreatifitasnya, ia menggambar ayahnya, ibunya, bunga2 dll. Saat itu kedua ortunya berangkat kerja menggunakan motor karena jalan macet akibat pawai.
Setelah penuh coretan yg sebelah kanan, ia beralih ke body mobil sebelah kiri. Anak ini bernama Ita. Ita membayangkan ayah dan ibunya memujinya ketika melihat hasil lukisannya. Kejadian tsb tanpa diketahui pembantunya.
Pulang petang itu betapa terkejut pasangan muda tsb melihat mobil penuh coretan yg baru dibeli setahun dg cara mengangsur. Si ayah yg belum masuk kedalam rumah pun berteriak, “Kerjaan siapa ini?!” pembantu tersentak dg teriakan dan berlari keluar. Pembantu tsb beristighfar, ketakutan sambil menjawab “tidak tahu tuan..”
Tiba2 si anak keluar rumah sambil tersenyum riang,
“Ita yg membuat itu Ayah.. Cantik kan?”katanya sambil memeluk ayahnya berharap mendapatkan apresiasi.
Si ayah hilang kesadaran, ia mengambil sebatang ranting dan dipukulnya anak semata wayang itu. Si anak yg tak mengerti apa apa menjerit2 kesakitan. Puas memukul telapak tangan si anak, ia memukul pula belakang tangan anak. Si ibu hanya mendiamkan saja merestui kegiatan menghukum anak tsb. Kompak.
Pembantu terbengong2, tidak tahu harus berbuat apa. Setelah si ayah puas memukul anaknya, pembantu pun bersedih melihat luka2 memar dan berdarah telapak anak tak berdosa itu.
Keesokan harinya kedua belah tangan si anak bengkak, pembantu mengadu.
“oleskan obat saja!!” jawab tuannya, ketus. Pulang kerja hari berikutnya ia tak peduli pd anaknya.
Sang ayah ingin memberikan pelajaran pada anak semata wayangnya itu, pikirnya.
Sang anak sejak saat itu takut dan tidur bersama pembantu.
Tiga hari berlalu, si ayah tidak mau menjenguk anaknya. Si ibu juga demikian, kompak.
“Ita demam..” kata pembantu, lirih.
“Kasih minum panadol” jawab si ibu.
Saat dilihat di kamar pembantu, Ita dalam pelukan pembantunya yg penuh kasih itu..ibu tsb merasa baik2 saja.
Masuk hari keempat, pembantu memberitahukan bahwa panas Ita meningkat. “Sore nanti kita ke klinik” kata ibu, datar.
Setelah seminggu dirawat inap, dokter mengatakan
“tidak ada pilihan..” bahwa kedua tangan Ita harus diamputasi, tetanus parah.
Seakan dunia berputar, si ayah gemetar mendengar pernyataan dokter.
Selepas keluar dari meja operasi dan obat bius yg disuntikkan habis si anak menangis kesakitan. Dia terheran2 kenapa kedua tangannya dipotong begitu saja.
“Ayah.. Mama.. Ita tidak akan melakukannya lagi, ita janjii…ita tak mau jahat.. Ita sayang ayah, sayang mama dan Mbak Narti (pembantu) tapi kenapa tangan Ita juga dipotong ayah..”
ia menangis sedih sekaligus kesakitan. Meraung2 ia sekuat hati namun apa daya semuanya terlambat.
….
Oke krna masih pd baca ya biar cepet saya kasih tanggapan dari kisah ini.
Manusia klo udh dipimpin oleh emosi negatif endingnya pasti nyesel.
Banyak kasus : nabok dulu baru minta maaf. Atau ngomel dulu, ngelabrak dlu baru nyesel dan minta maaf dll. Hal tsb krna otak bagian limbiknya dikuasai oleh pikiran negatif, emosi negatif shga tanpa berfikir rasional langsung action brutal gitu aja. Sedih ya.
….
Oke skrg simak gambar berikut.
traumatic-brain-injury-children-lawyer-florida-280x300
Setiap manusia, kita yg dulu bayi baru lahir atau anak2 bayi kita dan semua manusia yg lahir di muka bumi ini punya struktur otak yg sama. Ingaat ya struktur otak bukan kapasitas/ isi. Isinya tar beda2.
Setiap bagian punya fungsi yg berbeda.
1. Neokorteks Klo dlm bahasa islam “akal” inilah yg tidak dimiliki oleh binatang. Bagian neokorteks ini membuat otak kita bisa berpikir dan beranalisa. letaknya ada di paling atas. Dia bisa besar jika dipenuhi dg cinta, nyaman, rasa damai, rasa positif dan kebaikan2.
Jika anak kita diberikan cinta yg penuh maka ia akan tumbuh maksimal, jika ia diberi rasa benci, amarah dan emosi yg negatif maka ia mengerut / tidak maksimal. Hal ini terjadi nyata di penjara amerika scan otak para narapidana rata2 otak.bagian ini tidak maksimum. Tidak normal.
2. Limbik Bagian tengah, diantara neo dan reptil. Limbik bekerja menerima informasi berdasarkan emosi. Emosi ada 2 yaitu emosi positif dan emosi negatif pekerjaan limbik saat ia menerima emosi positif berbeda saat ia menerima emosi negatif.
3. Reptil Bagian terakhir atau paling bawah ini otak reptil terdapat juga pd otak hewan. Secara singkat reptil mempunyai perilaku “menyerang, siaga, dan lari”.
Guna otak reptil yaitu untuk mengatur nafas dan metabolisme tubuh.
Jika limbik sering mengirim emosi negatif ia akan kirim ke reptil utk membuat racun yg ia berpengaruh pd fungsi metabolismenya. Bahasan ini cukup panjang, tar dibahas lg di bagian materi.
..
Nah hubungannya apa sama materi malam ini?? Kelekatan Ibu-Anak : Kunci Sukses Membangun Bangsa ? Sangaatt berhubungan ya, kita lanjutkan
Jika setiap orang memiliki otak yg sama, mengapa berbeda2 karakter orang?? Ada yg punya karakter sebagai orang sukses ada juga yg mengalami kegagalan. Cara kerja otak orang sukses berbeda dg cara kerja orang yg gagal. Oia perlu digarisbawahi ya, sukses dan gagal disini bukan masalah materi/ duit/ harta. Melainkan sukses menguasai diri. Kata Rasulullah siapakah orang yg menang itu? Rasul jawab : yg menguasai dirinya sendiri. Oke clear ya.
birththrough-five-is-a-critical-time-for-the-children-brain-children-quote
Kita bagi 2 aja klo gt supaya paham. Cara kerja otak :
1. Pemenang (Sebut dg Kapten Neo)
2. Orang Gagal (Sebut aja Si Reptil)
Pemenang
1. Kapten Neo adalah otak akal. Dia sangat suka berpikir, beelogika, merencanakan berbagai hal. Juga beebahasa dab bernalar.
2. Sebelum ambil keputusan ia selalu emnganalisa keuntungan dan kerugian dari tindakannya tsb. 3. Kapten Neo sangat menghargai setiap pengalaman belajar yg ia peroleh.
Klo anak2 nih ciri2nya ia gemar bertanya “apa”, ” kenapa”, “bagaimana”
Keuntungan jika Akal yg lebih dominan adalah ia bisa memikirkan berbagainmacam ide (kreatif), mampu mengontrol dan mendisiplinkan dirinya dan tidak merugikan oranglain. Dan ia akan mjd sosok yg bijaksana dan mudah beradaptasi. Inilah ciri2 pemenang. Insyaallah sukses juga di dunia kerjanya. Sebab emosinya positif terjaga.
2. Si Reptil Karena ia ada di otak hewan juga maka jangan heran jika ada manusia yg mirip seperti hewan. Si Reptil yg kemasukan emosi negatif ia akan memiliki sifat pemarah dan pembalas dendam. Misal : mudah teesinggung, tidak ingin dikalahkan (curang), ingin balas dendam, swlalu cari musuh, berprasangka buruk, senang dg kekerasan dll.
Oia khusus si Limbik. Inilah yg jd “bahan bakar” ia mau jd positif/negatif kitalah yg atur. Caranya? Latihan teruss..
Jika ia baik maka ia bisa masuk ke neo dan reptil dg baik. Tergantung yg dominan.
Sifat si reptil jahat mungkin merepotkan banyak orang, banyak orang tersakiti akibat ulahnya. Hal tsb krna emosi negatif mjd bahan bakar yg mjdkn sibreptil mendominasi.
Tetapi jika kapten Neo (neokorteks/akal) berkuasa si reptil juga bakal baik. Misal si reptil punya sifat agresif bisa diarahkan pd sikap semangat utk berbuat kebaikan. Sikap siaga reptil, digunakan utk siaga membela kebenaran. Sikap menyerang reptil berguna pd saat membela diri dan orang yg tdak bersalah..
Kesimpulan :
1. Anak itu terlahir sesuai fitrahnya. Fitrah anak adalah kebaikan. Setiap anak pasti menjaganya, namun acapkali ia tidak mampu disebabkan *perlakuan* orang di sekelilingnya. Ortu, lingkungan dll.
2. Siapakah yg sukses? Yg sukses adalah mereka yg punya kecerdasan emosi yg baik. Kecerdasan ini yg perlu dilatih sejak kecil.
3. Ukuran otak manusia sama, namun ia berbeda perkembangannya. Bergantung pada stimulasi/ perlakuan. Siapakah yg mampu menstimulasi anak pertama kali? Ya ibu dan dibantu ayah. Terutama ibu, ini sangat penting bagi anak sejak usia 0 hingga 6tahun. Karena kecerdasan emosinya diasah optimal oleh ibu.
Ibu.. Kuncinya.
Melatih otak supaya menjadi pemenang
Ringkasan cara kerja otak pemenang :
1. Bagian neokorteks berkembang optimal. Jika ia optimal maka ia memiliki kemampuan prima/sehat utk berpikir dan menganalisa (sblum bertindak)
2. Bagian otak reptil sekesar utk mengatur fungsi tubuh. Jgn sampai kita mjd hewan yg berbentuk manusia dlm kehidupan sehari2 ya. NaudUzubillah. FYI. Emosi negatif akan menghasilkan zat dlm tubuh yg mematikan akal.
3. Bagian otak limbik/otak emosi bisa mengelola emosi secara cerdas.
Kuncinya ada pd bagian limbik ya. Respon apa yg diterjemahkan dibuat oleh otak tergantung pd bagaimana otak limbik menafsirkan informasi yg masuk ke otak.
Caranya :
1. Berlatihlah mengubah emosi negatif mjd emosi positif. Sebenernya yg berhubungan lgsg dg fungsi memori adalah hippocampus (utk mengingat) namun ada amygdala yg ia tugasnya menambahkan unsur emosi. Misal kita gag suka pada si A karena A pernah berlaku kasar pd kita.
Amygdala inilah yg cepat sekali merespon mjd negatif jika amygdala tersimpan pd memori sedih/ menakutkan maka apapun informasi yg baru masuk dg pengalaman dahulu yg menyakitkan akan terbiasa sakit.
Supaya hal tsb tidak trjadi, sejak dini/kecil tumbuhkanlah didalam otak memori2 yg indah supaya amygdala gag mudah mempengarhi.
Misal ada kejadian2 yg menyakitkan yg tersimpan negatif didlmnya perlu kita ganti mjd positif.
Kenapa? Ini berpengarug pd kesehatan tubuh.
Sebab jika kita udh ubah emosi negatif mjd positif, tubuh akan memgeluarkan hormon cinta (oksitosin, serotin dll).
Hormon ini fungsinya utk menumbuhkan/ ngasih makan otak neokorteks (akal).
Klo otak neokorteknya sehat/subur maka jiwa kita sehat dan badanpun ikut sehat.
Sebaliknya jg demikian, jika kita masih simpan emosi negatif maka ia akan mengeluarkan hormon ravun/jahat yaitu kortisol. Kortisol bukan hanya membuat daya tahan tubuh lemah tapi juga merusak sel2 otak.. Di foto yg lubang2 otaknya itu krna kortisol. Mgkn saat ini gag terasa ya tp tar pas masa tua bakal terasa banget, ada yg kena penyakit dalam dll krna akumulasi masa mudanya yg menyimpan emosi negatif.
Caranya? Rasululah udh ajarkan kita. Jika marah dlm kondisi berdiri maka duduklah, jika duduk maka berbaringlah jika berbaring maka dzikir istighfar, wudhu, sholat 2 rakaat atau baca alquran..
Memaafkan orang Ikhlas Jika orang menyakiti instropeksi diri, apakah kita pernah menyakiti orang? Pasti ya.
Jadikan bahan utk melatih emosi positif. Atau therapy sndiri, saat marah fokus pd amygdala (letaknya ada di bagian pelipis kanan dan kiri deket telinga) tekan aja. Pejamkan mata. Bayangkan hal tg td tdk kita sukai. Lalu ganti hal2 yg kita sukai. Bayangkan hal tsb sampai kita damai/tenang..
Lakukan hal2 yg positif.
2. Pilihlah informasi yg baik utk otak Misal kita sering marah krna sifat iri dengki hasad dlm diri pas melihat TV atau membaca postingan orang atau baca grup dll. Maka pilihlah informasi yg positif yg baik.
Oia utk TV perlu kita hati2 ya karena udh ada kajian bahwa menonton TV trlalu lama juga mempengaruhi kerja otak, fungsi tubuh (krna kurang bergerak), hindarkan anak dari video kekerasan dll.
Misal : ada orang yg menyulut amarah kita, terapi 1 diatas lakukan. Kedua tabayun/ ceknricek. Ketiga jdkan info negatif jd positif. Misal : dikatain miskin sama orang. Jdkn sbgai motivasi diri dan rasa syukur krna masih bisa makan dll tanpa meminta dia. Dsb.
3. Bermain dg riang gembira Ini khusus anak sangat mudah, kembalika keceriaan anak. Tatap matanya.. Dekap, ucapkan kata2 positif, kembalikan kepercayaan dirinya dll. Utk orang dewasa gimana? Pd punya hobi kan ya.. Misal nih saya pribadi hobi ngetik, baca. Shga klo amygdala gag beres ya baca buku atau ngetik2 yg positif.. Syarat amygdala agar tidak bekerja adalah otak limbik tidak menerima informasi berupa ancaman atau ketakutan. Karena itu kehadiran perasaan gembira sangat diperlukan apalagi anak, apakah saat ia bermain atau dlm aktivitas lainnya.
4. Bersikap tenang Ini perlu dilatih ya. Bisa dg cukup beristirahat (jangan begadang ya), baca quran, ingat kematian dll.
5. Positive thinking Misal saat ada yg ngajak ribut
-kalau saya marah, nanti akan trjadi keributan
-apa untungnya jika saya  ribut.. Dll.
Education Thinking Concept. Children Think with Education icons

Tinggalkan Balasan